Apa itu Search Engine Marketing ?

Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu strategi digital marketing yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website pada hasil Mesin pencarian (SERPs) seperti google, Yahoo, dan Bing. Search engine marketing juga dikenal sebagai pencarian berbayar (Paid Search), klik berbayar (Pay per Click), atau iklan pencarian berbayar (Paid search adversiting).

Anda hanya perlu melakukan bid pada kata kunci yang digunakan pengunjung pada mesin pencari saat mencari suatu produk atau informasi. Sehingga ketika muncul hasil pencarian, website atau iklan anda akan muncul.

Inilah beberapa istilah yang mengacu pada SEM :

  • Paid Search Ads
  • Paid Search Advertising
  • PPC (Pay Per Click)
  • CPC (Cost Per Click)
  • CPM (Cost Per Impression)

Search Engine Marketing merupakan pilar bisnis yang memberikan kesempatan untuk mempasarkan website / iklan dihadapan pengunjung yang siap membeli produk anda di saat yang tepat setelah mereka melakukan pencarian informasi. Inilah alasan mengapa Search Engine Marketing metode yang sangat efektif untuk mengembangkan bisnis anda

Search Engine Marketing untuk pemula

Google AdWords dinilai banyak orang sebagai platform pencarian berbayar paling populer digunakan oleh Marketer Pencarian , diikuti oleh Bing Ads, yang juga melayani sebagian besar iklan di Yahoo.

Selain mencakup tren pencarian berbayar umum, Anda dapat menemukan berita terbaru tentang SEM dan tips bermanfaat untuk memulai dengan iklan PPC pada platform pemasaran pencarian utama di bawah ini:

  • Google Adwords
  • Bing Ads
  • Yahoo Search Ads

Setiap platformnya menawarkan panduan bagi pemula yang baru mengenal Search Engine Marketing.

Pentingnya Search Engine Marketing

Seiring bertambahnya jumlah pelanggan dalam belanja produk online, Search  Engine Marketing menjadi strategi pemasaran online yang krusial dan penting untuk mencapai  tujuan bisnis atau perusahaan. Search Engine Marketing berguna meningkatkan traffic pengunjung agar melihat website atau iklan anda.

Memberikan peluang yang baik untuk menghadapi banyaknya kompetitor di dunia digital. Apabila digunakan secara tepat akan meningkatkan keuntungan yang dihasilkan, Tentunya setara dengan modal yang anda keluarkan.

Riset Kata Kunci pada Search Engine Marketing

Sebelum anda menentukan kata kunci apa yang ingin digunakan pada kampanye marketing anda, tentunya perlu dilakukan analisa terlebih dahulu. Pertama, anda perlu mengidentifikasi jenis kata kunci yang relevan sesuai dengan bisnis yang anda jalankan dan sudut pandang customer yang mungkin akan mencari produk dan jasa yang ditawarkan.

Untungnya, Anda tidak perlu memilih kata kunci secara membabi buta dan menunggu hasilnya masuk sebelum Anda dapat menentukan kata kunci mana yang memiliki volume yang tinggi dan dapat diterima sistem CPC. Ada beberapa Tool atau software kata kunci yang dapat Anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci SEM

Selain memberi Anda wawasan tentang volume pencarian dan tingkat persaingan keywird, sebagian besar Tool penelitian keyword juga akan memberi Anda informasi terperinci tentang rata-rata atau perkiraan CPC saat ini untuk kata kunci tertentu. I

ni sangat penting untuk bisnis dengan anggaran iklan yang lebih kecil dan fitur ini memungkinkan Anda untuk memprediksi apakah kata kunci tertentu akan benar-benar bermanfaat bagi kampanye iklan Anda atau jika harganya terlalu mahal.

Seberapa Besar Biaya yang harua di Bid pada CPC ?

Meskipun memilih kata kunci yang tepat adalah hal yang penting, jika Anda ingin peringkat iklan Anda baik dan menghasilkan hasil yang menguntungkan, Anda memerlukan strategi penawaran yang efektif.Semua platform Search Engine Marketing bekerja melalui sistem bidding, Dimana anda memberikan penawaran atas suatu keyword (kata kunci) atau target audience. Penawaran tertinggi pastinya akan menempati peringkat teratas dalam hasil keyword terkait dan tingkat relevansi. Semisal pesaing anda memberikan harga $ 1 per kliknya, agar iklan anda dapat bersaing dan tampil di halaman teratas SERP anda wajib memberi harga diatas harga pesaing anda meskipun hanya $1,1.

Namun, meskipun memberikan penawaran tinggi di setiap kata kunci dan menempati peringkat 1 disetiap pencarian yang relevan secara teori terdengar bagus, sebagian besar bisnis harus memainkan permainan penyeimbang antara peringkat lebih tinggi dan membayar terlalu banyak untuk per klik nya. Apabila kompetitor anda memasang harga tinggi, anda tidak diwajibkan untuk memasang harga yang lebih tinggi lagi.

Sistem Advertising yang ada pada Search Engine Marketing juga mempertimbangkan kualitas dan relevansi Judul, Isi, dan Konten yang ada pada website anda, sehingga anda masih memiliki peluang besar untuk menduduki peringkat teratas meskipun memasang bid CPC yang lebih kecil.

Untuk menghitung skor kualitas Anda, sebagian besar platform Search Engine Marketing melihat hal-hal seperti seberapa kuat Landing Page Anda dan seberapa relevan iklan Anda dengan kata kunci yang Anda pilih. Karena CPC yang dibid lebih rendah artinya budget yang anda keluarkan cenderung lebih lama habisnya. Sehingga Iklan anda akan bertahan lebih lama

Kesimpulan

Mengetahui cara melakukan penelitian kata kunci, menafsirkan data, dan memilih istilah yang tepat untuk bisnis Anda adalah kuncinya. Mengambil tebakan acak pada kata kunci yang menurut Anda akan populer atau memilih kata kunci dengan  volume tinggi tanpa mempertimbangkan faktor-faktor lain dapat mempengaruhi traffic website anda

Perlu diingat untuk tetap mengoptimalkan Website, Konten, Postingan Blog, maupun Sosial media terkait. Jika anda melakukan hal ini, anda akan mengalami peningkatan traffic secara cepat pada website anda.

 

 

 

 

Source

Posts relacionados

0 comentário(s)