Bagi orang yang bekerja di bidang penjualan , prioritas nomor satu adalah menemukan cara baru untuk meningkatkan pendapatan. Untuk melakukan ini, mereka perlu menjual lebih banyak, yang pada akhirnya berarti - mereka membutuhkan lebih banyak klien.

Akibatnya, seringkali seorang sales terlalu fokus untuk mendapatkan pelanggan baru sehingga mereka gagal untuk mempertahankan pelanggan yang sudah mereka miliki. Menurut Marketing Metrics, tingkat keberhasilan penjualan ke existing customer adalah 60-70%, sedangkan tingkat keberhasilan penjualan ke pelanggan baru hanya 5-20%.

Customer retention adalah bagaimana cara menarik pelanggan untuk membeli produk yang kedua kalinya. Strategi marketing umumnya hanya berfokus pada bagaimana menarik lebih banyak pelanggan baru. Sedangkan pada customer retention lebih fokus pada bagaimana caranya untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan melalui pelanggan yang sebelumnya telah bertransaksi dengan Anda. Dengan kata lain, strategi ini ditujukan khusus untuk pelanggan yang telah dimiliki.

Memiliki strategi customer marketing yang efektif memberi Anda kemampuan untuk mengidentifikasi, melacak, dan menjual lebih banyak kepada pelanggan yang kemungkinan besar akan menjadi sumber pendapatan jangka panjang Anda. Penting untuk terus menjaga hubungan dengan pelanggan untuk mendapatkan loyalitas mereka.

Berikut adalah 4 alasan mengapa Anda harus peduli dengan existing customer.

1. Tingkat konversi yang lebih baik
Pelanggan yang sudah ada telah membeli produk Anda, jadi kecuali mereka memiliki pengalaman yang mengecewakan, mereka akan membeli dari Anda lagi. Anda telah membangun kepercayaan pada produk Anda, Anda sudah mengetahui kebutuhan mereka yang bisa Anda identifikasi dari aktivitas pembelian mereka. Hal tersebut tentunya akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi lebih baik dibandingkan dengan membangun hubungan baru dengan klien baru.

2. More Improvement
Anda memiliki peluang lebih besar untuk meningkatkan penawaran dan tingkat kepuasan pelanggan hanya dengan mendengarkan feedback pelanggan Anda. Apakah layanan pelanggan Anda cukup baik? Apakah produk Anda memenuhi harapan mereka? Tanyakan saja, dengarkan dan tingkatkan. Hal tersebut tentunya akan berdampak baik untuk improvement Anda kedepannya.

3. Keuntungan lebih tinggi
Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa tingkat keberhasilan penjualan ke existing customer adalah 60-70% dibandingkan dengan penjualan ke pelanggan baru yang hanya 20%. Hal ini tentunya akan mendatangkan keuntungan lebih tinggi untuk Anda.

4. Biaya lebih rendah
Customer retention akan menghemat banyak uang! Menurut Bain and Company, menarik pelanggan baru akan merugikan perusahaan Anda 5-25 kali lebih banyak daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada; sementara itu, peningkatan hanya 5% dalam retensi pelanggan dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan sebesar 75%! Dengan kata lain - pelanggan yang Anda miliki adalah kesempatan terbaik Anda dalam memaksimalkan pendapatan Anda dan membuat bisnis Anda lebih menguntungkan

Sumber : https://blog.mtarget.co/apa-itu-customer-retention-dalam-strategi-marketing/

Post relativi

0 commento(i)