Untuk Anda yang masih belum mengetahui jenis-jenis model bisnis ini, berikut ini kami akan membantu Anda secara perlahan untuk memahami model-model bisnis tersebut. Mari simak ulasannya berikut ini.

Apa itu B2B?
Business to Business (B2B) merupakan merupakan suatu model bisnis yang menjual suatu produk atau layanan ke bisnis lain. Misalnya, MTARGET sebagai penyedia layanan tools digital marketing yang menjual produknya ke bisnis lain misalnya ke sebuah perusahaan bidang financial technology yang mana mereka akan menggunakan tools digital marketing dari MTARGET untuk kegiatan digital marketing mereka di perusahaan.

Apa itu B2C?
Business to consumer (B2C) merupakan suatu model bisnis yang terjadi antara pelaku bisnis dengan konsumen. Misalnya, McDonald's yang menjual produk atau layanan mereka ke konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Model bisnis ini lebih populer dan bisa kita lihat sehari-hari dalam lingkungan kita, misalnya bisnis jualan makanan, jasa kurir, ojek online, dan sebagainya.

Apa itu C2C?
Customer to customer (C2C) merupakan salah satu model bisnis di mana konsumen dari sebuah marketplace menjual produk ke sesama konsumen lainnya. Misalnya, Shopee merupakan salah satu marketplace yang menjadi tempat melakukan kegiatan jual beli antar konsumen menjual dan membeli produk dari tempat mereka. Selain melalui marketplace, kegiatan jual beli ini juga dapat Anda lakukan secara langsung antar individu, misalnya melalui social media, Cash on delivery (COD), dan sebagainya yang dilakukan secara mandiri.

Apa itu C2B?
Customer to business (C2B) merupakan model bisnis di mana konsumen menyediakan produk atau layanan ke perusahaan lain. Model ini bisa dibilang model bisnis terbalik dari B2C. Contoh dari bisnis ini adalah Pexels, Shutterstock, istockphoto, dan sebagainya.

Apa itu B2G
Business to goverment (B2G) merupakan model bisnis yang merujuk pada bisnis yang menjual produk, layanan, atau informasi berbasis web kepada pemerintah atau lembaga pemerintah. Model ini menyediakan kesempatan bagi perusahaan swasta untuk mengajukan tender/proyek, produk pemerintah yang mungkin dibeli/dibutuhkan pemerintah untuk perusahaan.

Apa itu C2G?
Consumer to goverment (C2G) merupakan model bisnis transaksi yang dilakukan oleh induvidu ke pemerintahan. Misalnya seorang konsumen dapat membayar pajak penghasilannya secara online, transaksi tersebut adalah transaksi C2G.

Target Pasar B2B & B2C
Setelah Anda membaca sedikit pengertian dari masing-masing bisnis di atas, kini saatnya kita membahas tentang target pasar dari model bisnis tersebut. Kali ini, kami akan membahas 2 model bisnis terlebih dahulu, yaitu B2B dan B2C.

Seperti yang sudah Anda lihat sebelumnya di atas, model bisnis B2B lebih menyasar para pelaku-pelaku bisnis, bukan langsung ke konsumen perorangan. Dari sini kita bisa melihat perbedaan kedua model ini secara jelas bukan? Selain itu, untuk target dan pangsa pasar B2B cenderung lebih kecil dan lebih tersegmentasi, karena jumlah bisnis tak sebanyak konsumen perorangan.

Jika B2B memiliki target dan pangsa pasar yang lebih kecil dan spesifik, maka berbeda dengan model bisnis B2C. Model bisnis ini memiliki cukup banyak target pasar, bisa dibilang hampir tak terbatas.

Sumber : https://blog.mtarget.co/ketahui-berbagai-model-bisnis-berdasarkan-target-pasar/

Related posts

0 Commentaire(s)