Memperoleh penghasilan sebenarna tidak hanya bisa dilakukan setelah lulus kuliah saja. Saat masih mengenyam pendidikan, mengumpumpulkan pundi-pundi uang bisa menjadi salah satu nilai plus yang bisa Anda jual ketika lulus nanti.

Namun masalahnya, kegiatan kuliah sudah cukup menyita waktu sehari-hari. Bagaimana bisa dialkukan sambil berbisnis?

Tenang, untuk Anda yang ingin berbisnis sambil kuliah, baca tips berikut ini dan terpakanlah 

 

 

1. Tentukan Target yang Jelas

Bertanyalah pada diri sendiri, mengapa Anda ingin berbisnis sambil kuliah? Kalau jawabannya hanya ingin coba-coba saja, perhatikan lebih dulu konsekuensi yang mungkin bisa didapatkan. Misalnya, bisnis sukses tapi Anda tidak bisa lulus tepat waktu. Bisa jadi, nilai Anda cukup memuaskan tetapi nyatanya bisnis Anda berjalan biasa saja. Apakah Anda rela mengorbankan salah satunya?

Untuk itu, cobalah  membuat target jangka panjang, jangka pendek, beserta cara-cara yang ingin Anda lakukan apabila ingin kegiatan berbisnis sambil kuliah tetap berjalan bersamaan. Dengan begitu, Anda bisa lebih bertanggung jawab terhadap dua hal penting ini.

 

2. Aturlah Waktu dengan Baik

Waktu sangatlah berharga. Jangan sampai Anda menyia-nyiakan kesempatan tersebut hanya karena pengelolaan waktu yang kurang mumpuni. Di sini, Anda perlu mengatur waktu dengan baik. Katakanlah, sepulang dari kampus, Anda tidak bisa pergi nongkrong dengan teman-teman karena ada bisnis yang harus Anda jalani. Begitupula saat jam istirahat atau saat akhir pekan.

Namun, tentu saja bekerja terus-terusan tidaklah baik. Setidaknya, luangkan waktu satu hari dalam seminggu untuk beristirahat sejenak. Tentukan prioritas Anda dan jalankan setiap kegiatan dengan optimal, juga bertangung jawab.

 

3. Pilih Bisnis yang Fleksibel

Beberapa contoh bisnis yang fleksibel adalah menjadi penulis lepas, menjadi fotogarfer saat ada event tertentu, atau menjual barang-barang secara online. Lebih baik Anda menghindari bisnis yang mampu menyita waktu, seperti membuka toko konvensional atau warung makan. Dengan demikian, Anda masih bisa tetap fokus ke pendidikan, juga fokus pada bisnis di waktu luang.

 

 

 

Source

Related posts

0 Commentaire(s)