Hidup itu ibaratnya sebuah nada, kadang naik dan kadang turun. Tidak ada satu pun orang yang hidupnya selalu merasa bahagia terus menerus. Pasti ada saja hal-hal yang membuat orang merasa kacau balau. Hal ini jugalah yang biasa Anda rasakan sebagai manusia.Menjalani hari-hari yang berantakan tentu membuat diri terganggu. Suasana hati bekerja yang tadinya baik, mendadak berubah jadi buruk alias bad day karena pengaruh hal-hal yang ada di sekitar Anda.

Agar hari-hari Anda tidak terasa berantakan karena suatu hal yang sepele, sebaiknya lakukan tips berikut untuk mengatasinya seperti dikutip dari Cermati.com.

 

1. Luangkan Waktu untuk ‘Me Time’

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan agar tak menghadapi hari yang buruk adalah meluangkan waktu untuk diri sendiri (me time). Dengan demikian Anda bisa menenangkan pikiran dari lelahnya menghadapi pekerjaan di kantor. Di sela-sela jam istirahat untuk makan siang, sempatkan diri untuk sendirian di suatu ruangan yang sepi. Pastikan tidak ada orang yang berlalu-lalang atau berusaha untuk mengganggu agar kamu tetap fokus pada dirimu sendiri terlebih dahulu. Sambil menenangkan pikiran, cari solusi atas masalah yang sedang kamu hadapi saat ini. Agar tidak lupa, kamu dapat mencatatnya pada buku catatan kecil yang bisa selalu kamu bawa ke mana saja.

 

2. Makan Makanan yang Lezat

Suasana hati bisa berubah buruk karena kurang mendapat asupan makanan seperti yang diinginkan. Jika benar Anda mengalami hal ini, sebaiknya nikmati makan siang yang lezat untuk diri sendiri. Selain memenuhi kebutuhan gizi, cara ini termasuk cara paling sederhana untuk menghargai diri sendiri atas apa yang telah Anda capai selama ini.

Agar momen makan siang tidak terlalu sepi, Anda bisa mengajak rekan kerja untuk makan siang bersama. Pergilah ke restoran atau rumah makan favorit, lalu pesan makanan yang Anda suka agar mood bekerja kembali seperti semula.

 

3. Dengarkan Musik Favorit saat Jam Istirahat

Musik adalah hidup, Anda tidak dapat menyangkal hal ini. Saat Anda merasa sedih dan bad mood, ambil earphone kesayangan dan dengarkan musik favorit agar hal-hal yang kurang mengenakkan segera terlupakan. Dengarkan musik yang dapat membangkitkan semangat bekerja, seperti musik rap, hip hop, atau musik R&B. Hindari musik yang bernada slow. Musik jenis ini hanya akan membuat diri Anda semakin tidak bersemangat menghadapi hari-hari di kantor. 

 

4. Jalan-Jalan di Sekitar Kompleks Kantor

Suasana hati yang kacau balau dapat disebabkan karena Anda bosan dengan suasana kerja yang begitu-begitu saja. Sebaiknya manfaatkan jam istirahat untuk jalan-jalan mengitari kompleks kantor ataupun gedung-gedung yang ada di sekitar. Tidak perlu terlalu lama, cukup 10 – 15 menit saja untuk merasakan suasana yang berbeda dari biasanya dan menghirup udara segar di luar ruangan. Udara segar yang Anda hirup dan orang-orang yang ditemui di jalan dapat membuat merasa lebih tenang. Jika sudah merasa tenang, Anda dapat kembali ke ruang kerja untuk melanjutkan tugas yang perlu diselesaikan.

 

5. Ajak Seseorang untuk Berbicara

Jangan pendam masalah Anda sendirian. Hal ini dapat membuat Anda semakin sedih, tertekan, dan tidak nyaman. Sebaiknya ceritakan masalah tersebut kepada orang lain agar masalah segera tuntas. Cari seseorang yang dapat dipercaya dan mau mendengarkan keluh-kesah Anda dengan sabar, sehingga bisa merasa lebih nyaman saat bercerita. Curhat kepada satu orang jauh lebih bagus daripada curhat di media sosial. Bukannya cepat terselesaikan, curhat di media sosial malah makin menambah masalah karena komentar-komentar kurang sedap yang disampaikan orang lain kepada Anda.

 

6. Jauhkan Gadget dari Hadapan

Sesekali, jauhkan diri Anda dari gadget agar bisa lebih fokus mengenali diri sendiri. Aplikasi yang terpasang di gadget, seperti media sosial, dapat menjadi salah satu penyebab yang membuat Anda merasa kacau balau. Daripada bad mood berkepanjangan, sebaiknya matikan gadget dan nikmati suasana yang ada di sekitar. Selain merusak hari, penggunaan gadget juga dapat merusak kesehatan mata. Sebelum mata menjadi rabun karena gadget, sebaiknya kurangi intensitas menjelajah di internet. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan waktu untuk membaca buku, berdiskusi, atau bersantai menikmati suasana di sekitar kantor.

 

7. Tata Meja Kerja agar Terlihat Rapi

Hari yang buruk dapat disebabkan karena Anda bosan dengan penampilan ruang kerja yang selalu sama setiap hari. Sesekali, ubah tampilan ruangan kerja sesuai keinginan, seperti mengganti alas meja dengan warna favorit atau menambahkan bunga hias. Waktu yang dibutuhkan untuk menata meja kerja tidak lama, kok. Dalam 10 – 15 menit saja, meja kerja idaman siap ditempati oleh orang yang sama. Gunakan jam istirahat untuk melakukan penataan kembali agar Anda dan rekan kerja di sekitar tidak terganggu. Ciptakan Suasana yang Menenangkan Ada banyak hal yang dapat menyebabkan bad day, tetapi dengan suasana yang lebih tenang, hari-hari buruk di kantor dapat teratasi dengan baik.

Lakukan pula hal-hal yang sudah dijelaskan di atas agar suasana kerja semakin bahagia meskipun deadline tugas sudah memanggil. Selamat mencoba dan tetap semangat!

 

 

Source

Artículos relacionados

0 comentario(s)