SPAM sebagai sarana dan prasarana air minum untuk masyarakat Ogan Komering Ulu agar tidak tergantung dengan air sungai dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatra Selatan pada tahun ini membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Baturaja Timur guna memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat setempat.

"Pembangunan SPAM di Kecamatan Baturaja Timur tepatnya di Kelurahan Sekar Jaya ini merupakan usulan dari masyarakat setempat sebelumnya," kata Direktur PDAM Ogan Komering Ulu Abi Kusno di Baturaja, Kamis (16/5/2019).

 

Dia mengemukakan pembangunan tersebut menindaklanjuti usulan masyarakat setempat yang meminta agar di kawasan itu dibangun SPAM, seperti di Kecamatan Lubuk Raja, karena masih banyak warga yang belum menikmati air bersih. "Untuk di Kecamatan Lubuk Raja masyarakatnya saat ini sudah menikmati air bersih melalui jaringan SPAM yang kami bangun pada 2018 lalu," kata dia.

Oleh sebab itu, kata dia, pada tahun ini pihaknya akan membangun SPAM di Kecamatan Baturaja Timur agar masyarakat setempat dapat menikmati jaringan air bersih sama halnya dengan warga di Lubuk Raja dan kecamatan lainnya. Dia menjelaskan SPAM sebagai sarana dan prasarana air minum untuk masyarakat Ogan Komering Ulu agar tidak tergantung dengan air sungai dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

 

 

"Selain itu, juga untuk memberikan layanan bagi masyarakat OKU (Ogan Komering Ulu) yang daerahnya belum dialiri air bersih milik PDAM," kata dia. Dia mengatakan pembangunan SPAM dengan dana APBN Tahun Anggaran 2019 tersebut dengan kapasitas 120 liter per detik, mampu melayani kebutuhan lebih dari 12.000 pelanggan.

"Besaran dana APBN yang dianggarkan untuk pembangunan SPAM ini kisaran Rp70 miliar dengan target penyelesaiannya selesai pada tahun ini," ujar dia.

 

 

 

Source

0 comentario(s)