Nurturing Data
Nurturing data adalah bagaimana kita memproses sebuah data. Banyak bisnis memiliki jumlah database yang sangat besar. Namun, problem umum mereka biasanya adalah mereka belum tahu database itu akan dibuat apa, bagaimana mengelolanya, dan lainnya. Sebuah data jika tidak dikelola tidak akan menjadi sebuah insight, itu hanya akan menjadi tumpukan angka dan huruf yang mungkin tidak memiliki nilai apa-apa di dalam bisnis Anda.

Lalu, bagaimana mengelola sebuah data dalam jumlah cukup banyak seperti 1000 data, 10.000 data, 100.000 data bahkan satu juta data atau lebih. Tentu hal ini tidak bisa dikerjakan secara manual oleh manusia. Anda memerlukan sebuah tools untuk mengerjakan hal tersebut. Seperti di MTARGET kami menyediakan tools Contact Management. Contact Management ini fitur yang dapat membantu user kami untuk mengolah database mereka. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengolah data.

Labeling
Labeling ini adalah memberikan label kepada database yang kita miliki. Label ini bisa Anda gunakan untuk memberikan tanda antara database satu dengan yang lainnya melalui berbagai cara, misalnya label ini bisa kita ambil dari bagaimana aktivitas database tersebut terhadap campaign-campaign yang Anda kirimkan, atau dari bagaimana Anda mendapatkan database tersebut, misalnya database tersebut didapatkan dari pameran, maka Anda bisa memberikan label “pameran” pada database tersebut. Labeling ini berfungsi ketika kita akan menghubungi mereka, kita bisa melakukannya secara personal. Penting untuk melakukan labeling agar komunikasi yang kita bangun dengan mereka bisa lebih personal.

Segmentasi
Segmentasi penting dilakukan dalam sebuah bisnis agar ketika kita ingin melakukan komunikasi dengan database tersebut, kita sudah tahu konten apa yang cocok untuk mereka, produk apa saja yang mereka beli, bagaimana aktivitas mereka pada campaign-campaign Anda sebelumnya, dan lainnya.

Nurturing ini tidak bisa dilakukan dalam satu malam atau dalam waktu singkat, nurturing harus dilakukan secara terus menerus. Nurturing data, labeling, dan segmentasi ini akan membantu Anda untuk lebih relevan terhadap audiens dan customer Anda. Dan relevansi ini penting sekali karena ini adalah kunci untuk kita memiliki strategi pemasaran yang lebih baik lagi dan conversion yang lebih tinggi lagi.

Sumber : https://blog.mtarget.co/tips-bagaimana-mengelola-database-dalam-jumlah-besar/

0 comment(s)