Setelah Co-working space sudah berhasil menjadi tren di Indonesia, Co-living pun siap untuk ikut menjadi salah satu cara alternatif populer tidak hanya sebagai pengganti kantor tapi juga tempat tinggal. Sistem ini sebenarnya sudah banya diterapkan di banyak negara seperti India, Cina dan negara-negara di Eropa. Co-living memang belum sepopuler Co-working space yang sekarang sudah sangat mudah ditemukan dimana-mana terutama kawasan kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Bali.

Jika Co-working space berbentu bahkan bernuansa seperti cafe, nyaman dan modern. Maka co-living bisa berwujud kamar kos, apartemen hingga rumah. Perbedaannya adalah ada ruang kerja khusus yang dilengkapi dengan koneksi wifi dan beberapa meja dan bangku untuk bekerja bahkan ada beberapa co-living yang menyediakan ruangan khusus juga untuk event atau seminar.

Co-living tidak harus dihuni dari satu perusahaan yang sama, tapi juga bisa diisi dengan orang-orang dari latar belakang pekerjaan yang berbeda dan menghabiskan 80% bekerja di luar atau sedang menetap sementara di kota atau daerah tertentu.

Bekerja dengan cara Co-Living bisa memberikan beberapa keuntungan baik untuk kamu untuk meningkatkan karir bahkan mungkin bisnis yang sedang kamu tekuni. Ini dia beberapa keuntungan yang bisa didapat dari Co-Living:

 

1. Memperluas Social Circle

Tidak semua orang memiliki kepercayaan diri dalam memulai menjalin hubungan dengan orang lain baik pribadi maupun profesional. Ada tipe-tipe orang yang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa berani terbuka dengan orang lain. Orang-orang dengan kepribadian ini atau introvert bisa mencoba co-living untuk bisa membangun relasi dengan lebih baik.

 

2. Meningkatkan Wawasan dan Kreatifitas

Berbagi co-living dengan orang-orang yang memiliki latar pekerjaan yang berbeda dengan kamu bisa menambah pengetahuan kamu dan tinggal di co-living akan membuat semuanya menjadi lebih mudah. Waktu yang lebih banyak bisa dihabiskan untuk berdiskusi dan bertukar pikiran karena berbagai tempat tinggal bisa memaksimalkan semuanya.

 

3. Peluang Mendapatkan Tambahan Job Baru

Tinggal di co-living dengan orang-orang dari berbagai bidang bisa menjadi salah satu kesempatan kamu untuk mendapatkan Job baru untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya jika salah satu penghuni Co-lliving kamu sedang membangun sebuah website, dan kebetulan membutuhkan desainer grafis kamu bisa mengajukan diri kamu sebagai freelancernya jika memang kamu ahli dalam bidang desain dan karena tinggal bersama kamu akan lebih mudah berkomunikasi dan berdiskusi.

4. Mengurangi Biaya Operasional untuk Perusahaan Jenis Startup

memanfaatkan co-working space, untuk yang bekerja di startup juga bisa menggunakan co-living agar bisa lebih efektif lagi dalam bekerja. Terutama untuk para pekerja yang berasal dari luar kota dan berada di satu tim. Selain menghemat pengeluaran untuk tempat tinggal yang dibebankan ke perusahaan, perusahaan juga membantu para anggota team untuk bisa bekerja lebih kompak lagi dan bisa saling belajar dengan lebih baik lagi.

5. Langkah Tepat untuk Memulai Bisnis Bersama

Dengan berbagi ruang huni dan bekerja bersama orang-orang yang akan diajak berbisnis kamu bisa menghemat banyak waktu, lebih mudah berkomunikasi, lebif efektif dan efisien ketika bekerja dan menyelesaikan masalah. Selain itu, harga yang dikeluarkan pun menjadi jauh lebih hemat daripada memanfaatkan cafe atau coworking space setiap harinya sebagai tempat meeting, apalagi jika rekan-rekan bisnis tidak menetap secara permanen dikota tempat kamu tinggal.

6. Memperkuat Chemistry dan Kinerja dengan Kelompok Kerja

Jika kamu adalah seorang freelance atau pegawai yang bekerja di luar kota dengan beberapa orang lainnya dan berada dalam satu tim disebuah perusahaan kreatif atau startup yang budaya kerjanya mobile dan bisa bekerja dari mana saja.

Daripada menyewa kos untuk tempat tinggal lebih baik kamu mengajak anggota kelompok kerja kamu yang lain untuk berbagi Co-living. Dengan tinggal bersama di Co-living sebagai tim, hubungan dan komunikasi dengan teman-teman se tim akan menjadi lebih baik dengan begitu kualitas kinerja bisa meningkat dan hasil kerja pun bisa memuaskan.

 

Belajar Mandiri dan Menumbuhkan Rasa Percaya Diri dengan Mencoba Co-Living

Tidak hanya meningkatkan karir, dengan mencoba Co-living kamu bisa juga sekaligus mengembangkan kepribadian menjadi lebih baik. Dengan berbagi ruang dengan orang lain kamu bisa belajar untuk toleransi, menjadi lebih mandiri dan pintar bersosialisasi. Kemajuan positif dari kepribadian ini tentu akan berpengaruh yang baik pula untuk karir kamu kedepannya.

 

 

 

Source

Related posts

0 comment(s)