Pemkot Yogya akan terus mendorong warga lanjut usia (lansia) tetap memiliki produktivitas serta mandiri. Kebijakan itu diimbangi dengan terbitnya Perwal 38/2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia sebagai upaya meningkatkan afirmasi kepada warga lansia.

”Kami ingin memastikan bahwa seluruh warga lansia di Kota Yogya ini adalah warga yang mandiri, aktif, dan produktif. Peraturan ini adalah bagian dari upaya Kota Yogya menuju kota inklusi,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Yogya Agus Sudrajat.

Menurutnya, jumlah warga lansia di Kota Yogya cukup banyak. Totalnya mencapai sekitar 1.300 orang lebih. Sehingga dalam beberapa tahun ke depan diperkirakan semakin bertambah dan memungkinkan proporsi warga lansia dengan warga di usia produktif hampir seimbang.

Peningkatan jumlah warga lansia di Kota Yogya salah satunya disebabkan angka harapan hidup yang lebih tinggi dibanding daerah lain yaitu mencapai lebih dari 74 tahun. Agus menambahkan, jika tidak dilakukan upaya afirmasi maka dikhawatirkan warga lansia tersebut justru menjadi beban bagi Kota Yogya. Hal ini karena berada dalam kondisi kesehatan yang tidak baik sehingga tidak aktif, produktif, dan mandiri.

 

 

 

Source

0 comentario(s)